21 Februari 2010

Keuntungan Membeli Rumah Lewat KPR BNI

Beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan keputusan membeli rumah dengan KPR antara lain karena banyaknya keuntungan yang bisa diambil dari langkah ini. Keuntungan tersebut antara lain :
1. Kita tidak harus menyediakan dana tunai untuk membeli rumah. Kita hanya menyediakan uang muka rumah yang besarnya berkisar antara 10%-30% (tergantung dari ketentuan bank masing-masing) dan biaya kredit. Bayangkan jika harga rumah misalkan sebesar Rp 300 juta, sedangkan uang yang kita punya hanya sebesar Rp 125 juta. Pilihan logisnya adalah dengan menggunakan KPR. Apabila uang muka Anda tidak terlalu besar, carilah KPR yang mewajibkan uang muka kecil, misalnya 10%.


2. KPR dapat diangsur dengan jangka waktu yang panjang sampai 20 tahun (tergantung ketentuan bank masing-masing) sehingga angsurannya akan relatif terjangkau. Dengan adanya jangka waktu sepanjang ini tentunya kita bisa menyesuaikan besarnya angsuran dengan penghasilan kita. Biasanya bank akan menetapkan besarnya angsuran maksimal adalah 30 s/d 40% dari penghasilan bersih kita. Jadi apabila penghasilan kita kurang memenuhi syarat tersebut untuk jangka waktu menengah (10 tahun) maka kita bisa memilih untuk memperpanjang jangka waktu (misalnya 15 s/d 20 tahun).
3. Perbedaan nilai jual rumah saat ini dan di masa depan. Apabila kita ingin membeli rumah saat ini dengan KPR maka harga yang berlaku adalah harga saat ini. Tapi jika kita memutuskan untuk menabung terlebih dahulu maka harga rumah yang berlaku di masa depan akan semakin naik. Misalkan harga saat ini adalah Rp 300 juta, bisa-bisa harga tahun depan sudah naik menjadi 330 juta.
4. Kepastian hukum lebih terjamin karena segala sesuatu mengenai hukum utamanya menyangkut dokumen rumah telah diselidiki kebenarannya oleh bank melalui notaris.
5. Apabila uang yang kita miliki melebihi uang muka yang harus dibayar dan biaya kredit lainnya, maka kelebihan itu bisa digunakan untuk keperluan lainnya misalnya renovasi, membeli perabotan atau membeli kendaraan.
6. Dengan ekspektasi kenaikan penghasilan Anda tiap tahunnya, maka angsuran tiap bulan “nilainya” akan semakin kecil seiring berjalannya waktu. Nilai angsuran Rp 1 juta untuk 5 atau 7 tahun mendatang nilainya lebih kecil daripada nilai angsuran Rp 1 juta saat ini.
7. Harga rumah akan cenderung naik pesat, lebih besar dari bunga kredit. Berdasarkan pengalaman banyak orang yang mengambil KPR, segala beban yang mereka keluarkan dalam masa KPR itu nilainya lebih kecil dari harga jual rumah setelah jangka waktu KPR berakhir.

Selamat membeli rumah dengan KPR BNI..

28 comments:

  1. Salam Pak Rio,
    Saya Yadi, 35 tahun, bekerja di Trakindo Group dengan gaji per bulan 7,6jt (THP) juta berencana mengambil KPR untuk rumah baru di Klapadua wetan - Ciracas dengan harga 315 juta....

    Saat ini saya punya uang 100jt dan akan saya jadikan sbg DP.

    saya berencana KPR dng dengan jangka waktu angsuran 15 tahun??

    mhn infonya.. terimakasih

    BalasHapus
  2. mau tanya tentang otentifikasi surat2 rumah oleh notaris. hal tersebut dilakukan dalam jangka waktu berapa hari dan bagaimana mekanismenya? apakah surat2 tersebut dibawa oleh notaris atau bagaimana pak?
    terima kasih atas kesediannya menjawab

    BalasHapus
  3. @daniel, sama sama pak

    @sandy
    Harga Rumah Rp. 342,000,000
    Jangka Waktu Kredit Bulan 180
    Prosentase Uang Muka (min. 20%) % 20.00%
    Uang Muka Rp. 68,400,000
    Maksimum Kredit Rp. 273,600,000
    Suku Bunga Kredit % / Tahun 9.90%
    Angsuran Kredit per Bulan Rp. 2,923,404
    Minimal Penghasilan Bersih per Bulan Rp. 7,308,510

    Harga Rumah Rp. 342,000,000
    Jangka Waktu Kredit Bulan 240
    Prosentase Uang Muka (min. 20%) % 20.00%
    Uang Muka Rp. 68,400,000
    Maksimum Kredit Rp. 273,600,000
    Suku Bunga Kredit % / Tahun 9.90%
    Angsuran Kredit per Bulan Rp. 2,622,198
    Minimal Penghasilan Bersih per Bulan Rp. 6,555,494

    tunjangannya harus dilampirkan bukti penerimaannya ya pak... dp minimal 20% pak

    @yadi, saya rasa dp nya 20% aja dulu pak pengajuannya, nanti sisa uang nya bisa buat biaya2 akad dan pajak

    Harga Rumah Rp. 315,000,000
    Jangka Waktu Kredit Bulan 180
    Prosentase Uang Muka (min. 20%) % 30.00%
    Uang Muka Rp. 94,500,000
    Maksimum Kredit Rp. 220,500,000
    Suku Bunga Kredit % / Tahun 9.90%
    Angsuran Kredit per Bulan Rp. 2,356,033
    Minimal Penghasilan Bersih per Bulan Rp. 5,890,082

    Harga Rumah Rp. 315,000,000
    Jangka Waktu Kredit Bulan 180
    Prosentase Uang Muka (min. 20%) % 20.00%
    Uang Muka Rp. 63,000,000
    Maksimum Kredit Rp. 252,000,000
    Suku Bunga Kredit % / Tahun 9.90%
    Angsuran Kredit per Bulan Rp. 2,692,609
    Minimal Penghasilan Bersih per Bulan Rp. 6,731,523

    @anonim, yang biasa saya lakukan adalah, setelah debitur di acc oleh pihak bank, debitur kami arahkan ke notaris untuk pengecekan sertifikat dan pembayaran pajak, sertifikat asli diserahkan ke notaris (debitur dapet tanda terima dari notaris), notaris akan cek ke BPN, biasanya 1-2hari kerja. setelah pembayaran pajak selesai lalu dilakukan pengikatan akad kredit di bank BNI. sekian

    BalasHapus
  4. Pak gaji saya 4.5 jt / bln
    jika saya ambil rumah dengan harga 250 jt
    dengan tenor 15-20 thn

    apakah bisa??

    BalasHapus
  5. @anonim, kurang dikit pak

    Harga Rumah Rp. 250,000,000
    Jangka Waktu Kredit Bulan 240
    Prosentase Uang Muka (min. 20%) % 20.00%
    Uang Muka Rp. 50,000,000
    Maksimum Kredit Rp. 200,000,000
    Suku Bunga Kredit % / Tahun 9.90%
    Angsuran Kredit per Bulan Rp. 1,916,811
    Minimal Penghasilan Bersih per Bulan Rp. 4,792,028

    Penghasilan Bersih per Bulan Rp. 4,500,000
    Jangka Waktu Kredit Bulan 240
    Prosentase Uang Muka % 20%
    Suku Bunga Kredit % / Tahun 9.90%
    Maksimum Kredit Rp. 187,811,930
    Angsuran Kredit per Bulan Rp. 1,800,000

    BalasHapus
  6. lam kenal pak,saya mau tanya mengenai suku bunga KPR di BNI yang normal/yang lagi berjalan paling tinggi berapa?
    trus perhitungan cicilan KPR itu bagaimana? apakah dari pokok yang pertama akad atau dari sisa pokok yang telah di bayar? mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  7. Pak, nama saya dodi, PNS di Ristek. Gaji transfer saya Mandiri. Saya mau ada rencana beli rumah di Pamulang dengan harga jual rumah baru 312 juta. Saya joint income sama istri 9 Juta. Kira kalo nyicil 15 tahun kena berapa ya Pak. Terima kasih

    BalasHapus
  8. @anonim, suku bunga berjalan sekarang sudah 12%an pak... perhitungan cicilan kpr dari sisa pokok pinjaman

    @dodi, bisa tuh pak

    Harga Rumah Rp. 312,000,000
    Jangka Waktu Kredit Bulan 180
    Prosentase Uang Muka (min. 20%) % 20.00%
    Uang Muka Rp. 62,400,000
    Maksimum Kredit Rp. 249,600,000
    Suku Bunga Kredit % / Tahun 9.90%
    Angsuran Kredit per Bulan Rp. 2,666,965
    Minimal Penghasilan Bersih per Bulan Rp. 6,667,413

    BalasHapus
  9. Saya PNS, gaji 4,3 juta. namun selain itu ada tambahan penghasilan dari jam mengajar, kurang lebih 3 juta. saya ingin membeli rumah seharga 270 juta di daerah bintaro. bagaimana simulasi kpr nya ya pak? adakah persyaratan khusus tentang kondisi rumah,misalnya harus bisa dilewati mobil/2mobil?dll?
    terima kasih.

    BalasHapus
  10. Dear Pak Rio, Saya Yusron, 33 th, Kerja di PT.Pusri Palembang, Saya baru selesai bangun rumah saya,Tanah 400m2,Rumah 200m2,lokasi hook,bebas banjir,bebas bising,lebar jalan depan rumah 12m,harga rumah 1M,Rencana mau pinjam Dana 500Jt dengan jaminan rumah,Join Income 10Jt/Bln, diluar Bonus dan Penghasilan Lainnya.
    Saya mau tanyakan :
    - Untuk persetujuan pinjaman yang di nilai Bank lebih berat ke Nilai Agunan atau Nilai Pembayar (Join Income)
    - Setahu Saya kalo pinjaman dengan agunan di BNI maksimal jangka waktu 15 Thn, bisakah di samakan dengan jangka waktu KPR (20 Thn),maksudnya agar Join Income terpenuhi dengan besar pinjaman.
    - Sertifikat rumah (SHM) dan IMB belum atas Nama Saya, baru ada AJB dari Notaris, pengurusan balik nama cukup mahal (BPHTB 17 Jt), bisakah di urus belakangan.
    - Saya memiliki pinjaman di Bank lain sebesar 100 Jt (pinjaman tanpa agunan), bisakah di Take Over (pinjaman 500 Jt - 100 Jt saya terima 400 Jt) atau harus saya lunasi dahulu pinjaman saya.
    - Saya mempunyai Kebun Karet 15 Hektare sebagai tambahan penghasilan (kadang lebih besar dari gaji/kadang lebih kecil/kadang tidak menghasilkan), bisakah masuk dalam total income (penghasilan tak menentu/tanpa slip tentunya),merupakan HTR (Hutan Tanaman Rakyat) tidak memiliki surat resmi (SHM/Akte Camat)

    di tunggu jawabannya Pak Rio.

    terima kasih buat konsultasinya...

    Yusron Ardiansyah

    BalasHapus
  11. @dian wulandari, bisa kok, yang penting lebar jalan depan rumah 4 meter, atau 1 mobil 1 motor

    Harga Rumah Rp. 270,000,000
    Jangka Waktu Kredit Bulan 180
    Prosentase Uang Muka (min. 20%) % 20.00%
    Uang Muka Rp. 54,000,000
    Maksimum Kredit Rp. 216,000,000
    Suku Bunga Kredit % / Tahun 9.90%
    Angsuran Kredit per Bulan Rp. 2,307,951
    Minimal Penghasilan Bersih per Bulan Rp. 5,769,877


    @pak yusron,

    1. mengacu keduanya pak, nilai agunan dan nilai penghasilan
    2. tidak bisa pak, untuk pinjaman dana dengan agunan rumah maksimal hanya 10 tahun saja
    3. sertifikat harus atas nama debitur pak, jadi harus dibalik nama dulu
    4. kalau penghasilan mencukupi tidak usah ditutup kta nya pak, tapi kalau kurang kta nya harus di tutup sebelum kita akad dengan BNI.
    5. maaf tidak bisa pak, untuk usaha yang bisa di proses di BNI adalah yang berbadan usaha, dan memiliki surat2 lengkap pak.

    BalasHapus
  12. Selamat pagi
    Mohon saya diberi penjelasan apakah model KPR BNI saat ini 2012 sama seperti bank mandiri dimana nasabah KPR diberi kesempatan melunasi sebagian hutang KPR nya sebanyak 2 kali dalam setahun. Apakah bila ya.... ketentuan melunasi sebagian tanggungan KPR ini bebas dari biaya pinalti. seandainya kena biaya pinalti kira kira kena berapa prosen. klo di bank mandiri kena penaltinya 1 persen. Mohon jawabannya diemailkan ke : widisetyo@yahoo.co.id terimakasih banyak atas sarannya
    best regards
    setyo

    BalasHapus
  13. @SOFA: pelunasan di bni ada dua:
    1. pelunasan seluruhnya
    2. pelunasa sebagian

    pelunasan seluruhnya kena pinalti 2-2,5% dari pinjaman
    pelunasan sebagian tidak kena pinalti, hanya biaya administrasi 250-500rb

    semoga menjawab

    BalasHapus
  14. agan-agan mohon pencerahan.

    Juli 2009, saya pernh kredit motor via FIF, nunggak 3 kali.
    pas ngajuin KPR kemaren via BTN ditolak.
    trs kemaren bulan januari coba BI cheking lagi masih ada aja ntuh data.
    padahal januari 2010, saya ngajuin kredit motor lagi tenor 10 bulan, pernah telat sekali cuman 3 hari. itu malah gk kerecord. dan udah lunas semuanya

    kira2 masih ada BANK gk yah yang mau lolosin KPR saya.
    mohon sarannya
    dalam waktu dekat ini rencananya saya mau ambil via BNI, saya masih semangat untuk punya rumah .

    BalasHapus
  15. salam kenal pak rio. saya dengan herman pak..saya mempunyai gaji (THP) 4.000.000/BLN. saya ingin membeli rumah dengan harga 200jta. apakah bisa saya ambil kpr BNI?..dan apakah bisa dibuatkan simulasinya?...dan apa saja persyaratannya pak rio.

    Many thanx pak rio

    BalasHapus
  16. @pak tirta

    Harga Rumah Rp. 200,000,000
    Jangka Waktu Kredit Bulan 180
    Prosentase Uang Muka (min. 20%) % 30.00%
    Uang Muka Rp. 60,000,000
    Maksimum Kredit Rp. 140,000,000
    Suku Bunga Kredit % / Tahun 9.90%
    Angsuran Kredit per Bulan Rp. 1,495,894
    Minimal Penghasilan Bersih per Bulan Rp. 3,739,735

    persyaratan bisa dilihat blog ini

    BalasHapus
  17. selamat siang pak rio
    saya dengan fadillah saya pegawai tetap disalah satu BUMN di Medan mempunyai mempunyai gaji 4,5 jt dan istri 2,5 juta..dengan payrol mandiri
    saya ingin mengajukan kpr dengan nilai 250 juta..apakah bisa saya mengambil kpr BNI?developer sudah menyarankan saya mengajukan ke BNI...?apakah bisa dibuatkkan simulasinya...terimakasih

    BalasHapus
  18. @pak fadilah
    Harga Rumah Rp. 250,000,000
    Jangka Waktu Kredit Bulan 180
    Prosentase Uang Muka (min. 20%) % 20.00%
    Uang Muka Rp. 50,000,000
    Maksimum Kredit Rp. 200,000,000
    Suku Bunga Kredit % / Tahun 9.90%
    Angsuran Kredit per Bulan Rp. 2,136,991
    Minimal Penghasilan Bersih per Bulan Rp. 5,342,478

    BalasHapus
  19. pa saya ingin nanya saya ini seorang pelaut saya pengen beli rumah kpr seharga 200 jt gaji saya berkisar 1000 dolar us sampai 1500 us. dan itu juga ngga menentu kadang lebih. solusinya gimana saya cuma punya ktp ama kk jakarta itupun alamatya numpang ama keluarga. kalau ada solusinya tolong sms ke hp saya 081298797778 aN wahyuddin yusuf

    BalasHapus
  20. @wahyudin, wah maaf pak, untuk pelaut sat ini belum bisa kpr di bni pak... belum ada fasilitasnya

    BalasHapus
  21. saya mau tanya pak, saya rencana mau mengambil rumah baru seharga 204.700.000,- dan penghasilan saya saat ini 5.5 juta kira2 yang baik ambil uang muka yang berapa pak dan cicilan berapa? mohon informasinya

    BalasHapus
  22. Selamat Sore,,

    Saya mau tanya pak,, jika saya dan suami mau membeli rmh seharga Rp. 175jta.. lalu saya DP Rp. 50jta kan sisa Rp. 125jta.. Andai saya KPRkan ke BNI, kira-kira brp minimal gaji saya dan suami? perlu diketahui juga, pembeli diatasnamakan suami saya.

    Terima kasih sebelumnya pak,,
    HP. 085730314914

    BalasHapus
  23. nama saya ilyas, rencana beli rumah di pondok ungu bekasi dgn harga 198 juta, penghasilan 5,1 juta dipotong uang koperasi 1,4 juta dalam 4 thn lagi, sehingga penghasilan bersih 3,7 juta. bgm simulasinya pak jika tenor 15/20 thn?

    BalasHapus
  24. malam pak rio,salam kenal.Saya Yanuar, karyawan swasta yg sudah tetap dgn gaji 2,6 juta tapi belum termasuk uang makan dan lembur bisa sampai 3jt lebih. gaji dibayar tunai. Namun saya punya usaha lain sebagi calo mobkas. saya ingin membeli rumah seharga 124jt di daerah cibitung/bekasi. bagaimana simulasi kpr nya ya pak? Adakah persyaratan khusus tentang kondisi ini? Mohon pencerahannya pak
    terima kasih.

    BalasHapus
  25. Pak, untuk pelunasan sebagian KPR thn 2013-2014 kok sy tanya cs BNI katanya terkna pinalty 2-2.5%, apakah benar pak?trmksh

    BalasHapus
  26. @fendis, benar pak, memang ada penalty 2-2,5% dari sisa plafon

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Siang pak Rio, perkenalkan saya Hendry. pada tahun 2010 saya KPR dengan fasilitas BNI sebesar +/- 300 juta. didaerah Ciledug.
    Saya berencana pelunasan sebagian dengan cicilan tetap dan jangka waktu yang berkurang.
    Akan tetapi saat ini saya kesulitan mendapatkan informasi sisa kredit yang ada. saya hub Mkt dahulu katanya semua informasi harus ke BNI pusat di Beos. padahal saat ini saya sedang bertugas di Manado.

    Apakah informasi sisa kredit dan pelunasan sebagian bisa dilakukan dicabang lainnya?
    karena sampai saat ini saya tidak tahu berapa sisa kredit, serta bunga yang berjalan. pernah saya hubungi bagian kredit di BNI Beos via telp, dan diharuskan menggunakan surat permohonan.
    Surat permohonan tersebut sudah saya buat dan fax tapi sampai sekarang gk ada tindak lanjutnya.

    Bagaimana untuk proses sebenarnya untuk mengetahui seluk beluk fasilitas kredit yang sudah ada?

    Thanks

    BalasHapus

Sebelum comment, harap membaca persyaratan komentar / konsultasi terlebih dahulu Klik Disini


Bila anda mengetahui info KPR BNI dari BLOG ini diharapkan untuk melakukan transaksi melalui saya, jangan dengan marketing lain ya. karena ini sudah merupakan wujud usaha saya..


Untuk transaksi & informasi dapat datang langsung ke kantor BNI dan bertemu dengan RIO (saya) atau untuk lebih jelasnya, dapat menghubungi saya:


Thanks & Regards
RIO
email:sanriotelika@yahoo.co.id




Note: Anda harus login terlebih dahulu menggunakan account gmail untuk dapat memberikan komentar/pertanyaan.