Apa Itu Bank Syariah?

Secara umum bank adalah lembaga keuangan yang melakukan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang kegi...



Secara umum bank adalah lembaga keuangan yang melakukan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang kegiatannya adalah memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Saat ini, hampir seluruh lapisan masyarakat sudah menggunakan jasa perbankan, baik di perkotaan maupun di pelosok pedesaan.


FUNGSI BANK


Secara umum tugas bank adalah:
1.      Menghimpun dana dari masyarakat atau disebut dengan funding.
Berbagai produk tabungan atau deposito yang ditawarkan oleh perbankan bertujuan untuk menghimpun dana dari masyarakat.

2.      Menyalurkan dana lending pada masyarakat.
Perbankan menyalurkan dana yang dihimpun dari masyarakat dengan cara menawarkan berbagai produk kredit, pembiayaan, atau permodalan.

Secara umum fungsi bank umum dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu:
1.      Agent of Trust (Agan Kepercayaan)
2.      Agent of Equity (Agen Ekuitas atau Permodalan)
3.      Agent of Development (Agen Pembangunan)


JENIS-JENIS BANK


Jenis-jenis bank menurut kegiatan dan fungsinya adalah:
1.      Bank Sentral
Bank Sentral bertanggung jawab menjaga kestabilan nilai rupiah, dan mengatur serta mengawasi kegiatan lembaga-lembaga keuangan. Dalam suatu negara hanya ada satu bank sentral, dan Bank Indonesia merupakan bank sentral di Indonesia.

2.      Bank Umum
Bank Umum bertanggung jawab dalam menghimpun dana dari msyarakat, memberikan pinjaman kepada masyarakat, dan memberikan jasa pelayanan di bidang keuangan. Disebut sebagai bank umum, karena tugasnya adalah memberikan jasa kepada masyarakat umum, dan dapat beroperasi di seluruh wilayah.

3.      Bank Perkreditan Rakyat
Bank Perkreditan Rakyat bertanggung jawab melaksanakan kegiatan menerima simpanan dari masyarakat hanya dalam bentuk deposito berjangka, tabungan atau bentuk lainnya, serta memberikan pinjaman kepada msyarakat. Usaha yang dilakukan oleh Bank Perkreditan Rakyat lebih sedikit dibandingkan bank umum.


Jenis Bank menurut Kepemilikan adalah:


1.      Bank Milik Negara
Bank milik negara modalnya berasal dari negara dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di Indonesia bank milik negara adalah BNI 1946, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, dan Bank Tabungan Negara (BTN).

2.      Bank Milik Pemerintah Daerah
Bank milik pemerintah daerah modalnya berasal dari pemerintah daerah, dan terdapat di setiap daerah. Contohnya Bank Jabar adalah milik pemerintah Jawa Barat, sedangkan Bank DKI adalah milik pemerintah DKI Jakarta.

3.      Bank Milik Swasta
Bank milik swasta modalnya berasal dari pihak swasta yang telah mendapatkan ijin dari Menteri Keuangan dan berdasarkan pertimbangan dari Bank Indonesia. Contohnya Bank Central Asia (BCA), Bank Mega, dan CIMB Niaga.

4.      Bank Koperasi
Bank koperasi modalnya berasal dari perkumpulan koperasi. Contohnya adalah Bank Umum Koperasi Indonesia (Bukopin)

5.      Bank Syariah
Bank syariah modalnya berasal dari pihak swasta dan didirikan atas dasar hukum dalam agama Islam, yaitu larangan dalam menggunakan bunga karena bunga (riba) adalah haram hukumnya. Konsep yang digunakan adalah sistem bagi hasil. Selain itu, larangan untuk melakukan investasi pada usaha-usaha yang terlarang atau haram hukumnya.


BANK SYARIAH


Dalam Bank Syariah, kedudukan bank adalah sebagai pemberi modal (investor), sedangkan nasabah sebagai mitra pemakai modal. Perbankan syariah tumbuh dengan kecepatan 10 – 15% per tahun, dan terus menunjukkan pertumbuhan yang konsisten di masa mendatang.

Prinsip yang digunakan oleh Bank Syariah adalah:
1.      Prinsip Mudhorobah
Pada prinsip mudhorobah pihak bank syariah bertindak sebagai pemberi modal (investor), sedangkan nasabah memberikan keahliannya. Selanjutnya laba atau keuntungan yang diperoleh akan dibagi menurut rasio nisbah yang telah disetujui.

2.      Prinsip Murobahah
Pada prinsip murobahah ini nasabah membeli komoditi dengan rincian tertentu, dan pihak bank syariah mengirimkannya pada nasabah berdasarkan imbalan harga tertentu sesuai dengan kesepakatan awal dari kedua belah pihak.

3.      Prinsip Musharokah
Pada prinsip musharokah baik nasabah maupun bank syariah bersama-sama menyumbangkan modal dengan tingkatan tertentu, selanjutnya laba atau keuntungan akan dibagi berdasarkan rasio tertentu sesuai dengan kesepakatan.


PRODUK BANK SYARIAH


Beberapa produk jasa yang disediakan oleh bank syariah adalah:
1.      Titipan atau Simpanan
·         Al-Wadi’ah adalah jasa penitipan dana dan sewaktu-waktu penitip dana dapat mengambil dananya. Pihak bank tidak berkewajiban untuk memberikan bonus kepada nasabah, tapi diperbolehkan untuk memberikannya.

·         Deposito Mudharabah yaitu nasabah menyimpan dana di bank syariah dalam periode waktu tertentu, dan keuntungan yang diperoleh atas investasi yang dilakukan bank terhadap dana nasabah tersebut akan dibagikan dengan nisbah bagi hasil.

2.      Bagi Hasil
·         Al-Musyarakah (Joint Venture), diterapkan pada model partnership. Keuntungan yang diperoleh akan dibagi dengan rasio yang telah disepakati, sedangkan kerugian akan dibagi berdasarkan rasio ekuitas yang dimiliki oleh masing-masing pihak.

·         Al-Mudharabah adalah perjanjian antara pemberi modal dengan pengusaha. Keuntungan yang diperoleh akan dibagi menurut rasio tertentu yang telah disepakati. Sedangkan kerugian sepenuhnya akan ditanggung oleh pihak bank, kecuali kerugian yang disebabkan oleh keslahan dalam pengelolaan, kelalaian dan penyimpangan pihak nasabah.

·         Al-Muzara’ah adalah pihak bank memberikan pembiayaan bagi nasabah yang bergerak dalam bidang pertanian atau perkebunan atas dasar bagi hasil dari hasil panen.

·         Al-Musaqah adalah bentuk yang lebih sederhana dari sistem muzara’ah. Nasabah hanya bertanggung jawab atas penyiraman dan pemeliharaan, selanjutnya sebagai imbalannya nasabah berhak atas nisbah tertentu dari hasil panen

3.      Jual Beli
·         Bai’ Al-Murabahah adalah penyaluran dana dalam bentuk jual beli. Pihak bank akan membelikan barang yang dibutuhkan pengguna jasa, kemudian menjualnya kembali pada pengguna jasa dengan harga yang dinaikkan sesuai dengan margin keuntungan yang ditetapkan bank, dan pengguna jasa dapat mengangsurnya.

·         Bai’ As-Salam adalah pihak bank akan membelikan barang yang dibutuhkan di kemudian hari, sedangkan pembayarannya dilakukan di muka. Barang yang dibeli harus diukur dan ditimbang secara jelas dan spesifik, serta penetapan harga beli berdasarkan keridhaan antara kedua belah pihak.

·         Bai’ Al-Istishna’ adalah bentuk khusus dari As-Salam, yaitu harga barang dapat dibayar saat kontrak dan dapat dibayar secara angsuran atau dibayar di kemudian hari. Bank mengikat masing-masing kepada pembeli dan penjual secara terpisah.

·         Al-Ijarah adalah akad pemindahan hak guna atas barang dan jasa melalui pembayaran upah sewa, tanpa diikuti dengan pemindahan kepemilikan atas barang tersebut.

·         Al-Ijarah Al-Muntahia Bit-Tamlik adalah akad pemindahan hak guna atas barang dan jasa melalui pembayaran upah sewa, namun di masa akhir sewa akan terjadi pemindahan kepemilikan atas barang sewa tersebut.

4.      Jasa
·         Al-Wakalah adalah suatu akad pada transaksi perbankan syariah, yang merupakan akad yang seuai dengan prinsip-prinsip yang diterapkan dalam syariat Islam.

·         Al-Kafalah adalah memberikan jaminan yang diberikan oleh penanggung kepada pihak ketiga untuk memenuhi kewajiban pihak kedua atau yang ditanggung. Atau dengan kata lain mengalihkan tanggung jawab seorang yang dijamin dengan berpegang pada tanggung jawab orang lain sebagai jaminan.

·         Al-Hawalah adalah akad perpindahan yang dalam prakteknya memindahkan hutang dari tanggungan orang yang berhutang menjadi tanggungan orang yang berkewajiban membayar hutang.

·         Ar-Rahn adalah suatu akad pada transaksi perbankan syraiah yang merupakan akad gadai yang sesuai dengan syariah.


·         Al-Qardh adalah salah satu akad yang terdapat pada sistem perbankan syariah yang memberikan pinjaman baik berupa uang atau lainnya tanpa mengharapkan imbalan atau bunga (riba), dan secara tidak langsung berniat untuk tolong-menolong, bukan untuk tujuan komersial. 

COMMENTS

BLOGGER
Name

about us Bank Syariah bni fleksi bni griya BNI Mobile Banking bni multiguna bni pembangunan bni renovasi bni takeover contact us desain taman featured news pengumuman persyaratan pengajuan kpr bni rumah minimalis samsat online skck testimoni topup
false
ltr
item
KPR BNI: Apa Itu Bank Syariah?
Apa Itu Bank Syariah?
https://1.bp.blogspot.com/-_CqVpMwkLY8/Wl4dduNtWaI/AAAAAAAAB8I/3Nk5Nn7Ytwkb2rfiUi0Rtr_1ZsyskwMEACLcBGAs/s1600/Apa-Itu-Bank-Syariah.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_CqVpMwkLY8/Wl4dduNtWaI/AAAAAAAAB8I/3Nk5Nn7Ytwkb2rfiUi0Rtr_1ZsyskwMEACLcBGAs/s72-c/Apa-Itu-Bank-Syariah.jpg
KPR BNI
http://kpr-bni.blogspot.com/2018/01/apa-itu-bank-syariah.html
http://kpr-bni.blogspot.com/
http://kpr-bni.blogspot.com/
http://kpr-bni.blogspot.com/2018/01/apa-itu-bank-syariah.html
true
4292642655237535056
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy